Riset FEB UI: Gojek Berhasil Bantu Mitra Pulihkan Pendapatan Setelah Pandemi

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Riset yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menunjukkan mitra driver Gojek mengalami pemulihan yang cukup signifikan melalui peningkatan pendapatan bila dibandingkan dengan awal pandemi.

"Pendapatan mitra GoRide meningkat 24%, sementara mitra GoCar naik 18%," kata Paksi Walandouw, Wakil Kepala LD FEB UI, dalam webinar Dukungan Ekosistem Digital dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Kala Pandemi, Kamis (4/8/2022).

Temuan menunjukkan empat dari lima mitra mengaku puas dengan kemitraan mereka dengan Gojek. Hasil temuan juga menunjukkan mitra driver ingin terus bermitra bersama Gojek. Hal ini disebabkan dukungan yang diberikan oleh Gojek kepada mitra driver selama pandemi. Adapun dukungan yang dimaksud mencakup penyediaan Posko Aman, distribusi alat kesehatan, dan diskon swadaya.

LD FEB UI juga menemukan Gojek berkontribusi sebesar Rp249 triliun terhadap perekonomian nasional pada 2020. Angka tersebut setara dengan 1,6% dari total PDB Indonesia 2020.

Di sisi lain, rerata pendapatan UMKM mitra GoFood mengalami peningkatan sebesar 66% pada 2021 bila dibandingkan dengan 2020. Sekitar empat dari lima UMKM percaya bahwa GoFood mendorong pengembangan bisnis mereka. Kemudian, sembilan dari 10 mitra berencana menjalin kemitraan jangka panjang dengan GoFood.

"Inovasi Gojek sesuai dengan yang diharapkan. Itu yang membuat mitra maupun konsumen dala ekosistem Gojek saling mendukung," ujar Paksi.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan