Serangan Angkatan Laut China dalam Jarak 16 Km dari Pantai Taiwan Jelas akan Memicu…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Taipei - Jika pasukan angkatan laut China memasuki perairan teritorial Taiwan di tengah latihan militer Beijing yang sedang berlangsung di lepas pantai pulau, itu akan merupakan invasi, kata anggota parlemen Taiwan Wang Ting-yu kepada Axios.

Serangan militer China dalam jarak 10 mil (16 km) dari pantai Taiwan kemungkinan akan memicu protokol pertahanan dari Kementerian Pertahanan Taiwan dan dapat meningkatkan risiko salah perhitungan yang mengarah ke konflik militer.

Pemerintah China mengumumkan beberapa hari latihan tembak-menembak saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan minggu ini. Latihan itu adalah yang terbesar yang pernah diadakan China di Selat Taiwan, lapor Reuters.

Latihan dimulai Kamis (4/8/2022) dengan China menembakkan beberapa rudal balistik ke perairan timur Taiwan --pertama kalinya China melakukannya sejak krisis Selat Taiwan 1996.

Latihan tersebut berlangsung di tujuh zona yang mengelilingi pulau itu, yang menurut Kementerian Pertahanan Taiwan merupakan "blokade udara dan laut." Penerbangan komersial dan jalur pelayaran sebagian terganggu.

"Jika mereka mengirim pejuang atau kapal perang mereka untuk memasuki laut teritorial kami, itu berarti China menginvasi wilayah kami dan kami akan memiliki prosedur operasi standar kami untuk menanggapi itu," kata Wang, yang merupakan anggota dari luar negeri dan komite urusan pertahanan di parlemen Taiwan.

Sumber: m.jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan