Taiwan Dikepung Rudal-rudal yang Ditembakkan China Setelah Kunjungan Pelosi Berakhir

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Taipei - China menembakkan beberapa rudal di dekat Taiwan pada Kamis (4/8/2022) dalam latihan militer terbesarnya di Selat Taiwan, sehari setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Reuters melaporkan, latihan dimulai pada tengah hari dan termasuk perairan dengan tembakan langsung ke utara, selatan dan timur Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai miliknya. Mereka membawa volatilitas di area tersebut ke level terburuknya dalam seperempat abad.

Militer China mengatakan sekitar pukul 15:30. (07:30 GMT) mereka telah menyelesaikan beberapa penembakan rudal konvensional di perairan lepas Taiwan timur sebagai bagian dari latihan yang direncanakan di enam zona berbeda yang akan berlangsung hingga tengah hari pada hari Minggu (7/8/2022).

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan 11 rudal balistik Dongfeng China telah ditembakkan di perairan sekitar pulau itu. Terakhir kali terjadi pada tahun 1996.

Para pejabat Taiwan mengatakan latihan itu melanggar aturan PBB, menginvasi ruang angkasa dan mengancam navigasi udara dan laut bebas.

Telah memerintah sendiri sejak 1949, ketika komunis Mao Zedong mengambil alih kekuasaan di Beijing setelah mengalahkan nasionalis Kuomintang (KMT) Chiang Kai-shek dalam perang saudara, mendorong pemerintah yang dipimpin KMT untuk mundur ke pulau itu.

Sumber: m.jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan