Amerika Menentang Segala Upaya untuk Mengubah Status Quo Taiwan karena…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Phnom Penh, Kamboja - Amerika Serikat menentang segala upaya sepihak untuk mengubah status quo Taiwan, terutama dengan kekerasan, dan kebijakannya terhadap Taiwan tidak berubah, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan pada Kamis (4/8/2022).

Stabilitas lintas selat adalah kepentingan seluruh kawasan, katanya dalam pertemuan di Kamboja, sehari setelah ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan. Itu adalah kunjungan AS tingkat tertinggi dalam 25 tahun, membuat marah China, yang mengklaim pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya.

"Kami dan negara-negara di seluruh dunia percaya bahwa eskalasi tidak menguntungkan siapa pun dan dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan yang tidak melayani kepentingan siapa pun, termasuk anggota ASEAN, dan termasuk China," kata Blinken.

Pada hari Kamis, China menembakkan beberapa rudal saat melakukan latihan militer terbesar yang pernah ada di sekitar Taiwan, sementara Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan China telah melakukan upaya diplomatik sepenuhnya untuk mencegah krisis, tetapi tidak akan pernah membiarkan kepentingan intinya dilukai.

Blinken berada di Kamboja untuk pertemuan yang berfokus pada keamanan lebih dari 27 negara yang diharapkan untuk membahas krisis pangan yang disebabkan oleh perang Rusia-Ukraina, stabilitas di Selat Taiwan, dan krisis di Myanmar.

Blinken dan ASEAN berjanji selama pertemuan mereka untuk meningkatkan hubungan menjadi kemitraan strategis yang komprehensif.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan