Asyik! Langkah Indonesia Bikin Dubes Ukraina Senang, Gandum pun Datang

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengaku gembira dengan kabar terbaru dari Ukraina. Usai terlambat berbulan-bulan karena serangan Rusia, Indonesia dapat kembali mengimpor gandum dari Ukraina melalui Pelabuhan Odessa.

Menurutnya, pengiriman komersial pertama kapal M/V Riva Wind dari Ukraina membawa 50.000 ton ton gandum pesanan PT Comexindo International yang dikelola melalui kerja sama Harvest Commodities dan Grup Arsari Indonesia, perusahaan milik adik Menhan Prabowo Subianto, Hashim S. Djojohadikusumo.

“Saya sangat gembira dengan keberhasilan pengiriman gandum Ukraina melalui Pelabuhan Odessa. Ini wujud kemenangan bangsa Ukraina mengusir penjajah Rusia yang telah berbulan-bulan memblokade laut,” jelas Hamianin, dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Blokade laut Rusia, terang Hamianin, berakhir berkat keberhasilan pasukan Ukraina merebut Pulau Zmiiniy (Pulau Ular) di Laut Hitam dekat kota pelabuhan Odessa pada 30 Juni lalu. Meski demikian, Rusia masih berupaya melakukan serangan terhadap wilayah Odessa.

Vasyl yang mewakili Ukraina juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, yang telah mengunjungi Ukraina dan Rusia serta menawarkan solusi mengatasi ancaman krisis pangan global imbas perang.

Jokowi pada kunjungan awal Juli lalu membawa proposal koridor pangan, skema yang sebelumnya pernah disampaikan beberapa negara.

Sumber: rm.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan