Efek Anies Baswedan, Elektabilitas NasDem Makin Terperosok ke Angka 2 Persen

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Keputusan Partai NasDem yang akan mendukung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai capres 2024 menunjukkan hasil yang kurang baik. Hasil itu terlihat dari survei Center for Political Communication Studies (CPCS).

Elektabilitas Partai NasDem turun menjadi 2,1 persen setelah sebelumnya mencapai 4,0 persen pada survei CPCS pada April 2022. Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta mengatakan, anjloknya elektabilitas NasDem disebabkan partai yang dipimpin Surya Paloh itu ditinggal oleh sebagian pemilih nasionalisnya.

"Keputusan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden membuat NasDem ditinggal oleh sebagian pemilih nasionalis," katanya di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Padahal, hingga tiga bulan lalu, NasDem masih mampu mengamankan posisi dengan meraih elektabilitas di atas ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Menurut Okta, keputusan NasDem mencapreskan Anies belum tentu sudah bersifat final.

"Mencapreskan Anies merupakan strategi NasDem untuk memimpin poros koalisi di luar PDIP, Gerindra, dan Golkar," kata Okta.

Okta berpandangan bahwa peta koalisi dan bursa capres masih sangat dinamis, termasuk pertimbangan NasDem untuk mengusung Anies. Sejauh ini, Anies masih menjadi figur sentral di kubu oposisi Pemerintahan Jokowi dan kerap dirangkul untuk meningkatkan posisi tawar dalam politik.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan