Fidusia Pajero Sport Tanpa Persetujuan Perusahaan Leasing, Pria ini Dipidana

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Sukabumi - Pria berinisial DS, warga Sukalarang, Kabupaten Sukabumi terlibat kasus dugaan penggelapan dana dan fidusia atas mobil Pajero Sport yang dibelinya dengan cara kredit. Bahkan, DS diduga menjual mobil tersebut ke orang lain tanpa sepengetahuan perusahaan leasing.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, DS mengambil kendaraan mobil dengan bantuan pembiayaan dari PT Dipo Star Finance Cabang Sukabumi pada tahun 2020 lalu. Dia membeli mobil dengan merk Mitsubishi All New Pajero Sport (CKD) Dakar 4x2 Tahun 2018.

Angsuran pembiayaan mobil itu harus disetor tiap bulan sebesar Rp 10,2 juta selama 48 bulan dengan rincian harga awal pembelian mobil seharga Rp 525 juta dan uang muka (down payment) sebesar Rp 116 juta.

Dalam perjalanannya, DS diduga menunggak pembiayaan dengan hutang sebesar Rp 493 juta. Unit mobil itu dialihkan tanpa persetujuan PT Dipo Star Finance.

"Karena pada waktu ketika ada keterlambatan, konsumen ini bilang untuk dibayarkan ternyata nanti aja. Pas kita minta unit dikembalikan, ternyata mobilnya sudah tidak sama dia lagi. Jadi menunggak pembayaran dan dipindahkan tangan tanpa persetujuan PT Dipo," kata Rangga Prayogi selaku saksi saat persidangan perdana Pengadilan Negeri Kota Sukabumi, Rabu (3/8/2022).

Dia mengungkapkan, terdakwa DS menunggak angsuran sejak pembayaran ke 23. Sedari awal, keduanya membuat perjanjian Fidusia dan sudah bersertifikat.

Sumber: jakarta.suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan