Gara-gara Tentara China Tembak-tembakan di Sekitar Taiwan, Penerbangan Sipil Sudah Kena Imbasnya…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Taipei - Maskapai penerbangan telah membatalkan penerbangan ke Taipei dan mengalihkan rute lainnya untuk menghindari wilayah udara terdekat yang telah ditutup untuk lalu lintas sipil selama latihan militer China yang dipicu oleh kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

China mengerahkan sejumlah pesawat dan menembakkan rudal langsung di dekat Taiwan pada hari Kamis dalam latihan terbesarnya di Selat Taiwan, yang akan berlangsung hingga tengah hari waktu setempat (04.00 GMT) pada hari Minggu di enam zona yang mengelilingi sebagian besar pulau itu.

Wilayah udara yang terlibat relatif kecil, tetapi gangguan dari latihan militer terbesar oleh China di daerah itu sejak menembakkan rudal di lepas pantai pada tahun 1996 menghambat perjalanan antara Asia Tenggara dan Asia Timur Laut.

Penutupan wilayah udara sementara dan perubahan rute selama latihan militer besar terjadi secara teratur di seluruh dunia.

Situasi ini tidak biasa karena latihan China membagi dua perairan teritorial 12 mil laut (22 kilometer) yang diklaim Taiwan - sesuatu yang dikatakan pejabat Taiwan menantang tatanan internasional dan sama dengan blokade laut dan wilayah udaranya.

Korean Air Lines Co Ltd dan Singapore Airlines Ltd mengatakan mereka telah membatalkan penerbangan ke dan dari Taipei pada hari Jumat karena latihan, dengan maskapai Korea juga membatalkan penerbangan Sabtu dan menunda penerbangan Minggu.

Sumber: suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan