Selat Taiwan Bisa Sedikit Tenang dengan Kesepakatan Jepang dan Amerika yang Baru Diteken

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Tokyo - Jepang dan Amerika Serikat pada Jumat (5/8/2022) sepakat untuk bekerja sama dalam menjaga perdamaian di Selat Taiwan yang semakin tegang. Ini disepakati di tengah latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh China termasuk lima rudal yang mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi berada di Jepang pada tahap terakhir dari perjalanan Asia yang mencakup perhentian singkat dan tanpa pemberitahuan di Taiwan, pulau yang dianggap milik sendiri oleh Beijing, dalam kunjungan tingkat tertinggi oleh seorang pejabat AS di 25 bertahun-tahun.

Kunjungannya, di mana dia memuji demokrasi Taiwan dan menjanjikan solidaritas, membuat marah China dan memicu latihan militer yang menurut penyiar negara akan menjadi yang terbesar oleh China di Selat Taiwan, termasuk penembakan langsung di perairan dan di wilayah udara di sekitar pulau itu.

Lima rudal mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, mendorong Tokyo untuk mengajukan protes keras melalui saluran diplomatik.

Salah satu sekutu terdekat Washington, Tokyo semakin khawatir tentang kekuatan China yang tumbuh di Indo-Pasifik dan kemungkinan bahwa Beijing dapat mengambil tindakan militer terhadap Taiwan.

Pelosi bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida di kediaman resminya, di mana Kishida mengatakan kedua sekutu akan bekerja sama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, jalur pelayaran utama.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan