Simak! ini Pokok-Pokok yang diatur OJK dalam POJK Fintech Terbaru

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Guna memperkuat operasional industri Fintech P2P Lending, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja menerbitkan POJK Nomor 10/POJK.05/2022 Tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi InformasiĀ  (POJK LPBBTI/ POJK Fintech P2P Lending).

POJK LPBBTI ini dikeluarkan untuk mengembangkan industri keuangan yang dapat mendorong tumbuhnya alternatif pembiayaan, mempermudah dan meningkatkan akses pendanaan bagi masyarakat dan pelaku usaha melalui suatu layanan pendanaan berbasis teknologi informasi.

POJK ini juga merupakan penyempurnaan dari POJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (POJK 77/2016) dalam rangka mengakomodasi perkembangan industri yang cepat dan lebih kontributif serta memberikan pengaturan yang optimal pada perlindungan konsumen. Lalu seperti apa pokok-pokok yang diatur dalam POJK teranyar tersebut?

Beleid ini juga mengatur kepemilikan asing maksimal 85% dari modal disetor. Adapun batasan kepemilikan asing tidak berlaku bagi Penyelenggara yang merupakan perseroan terbuka dan memperdagangkan sahamnya di bursa efek.

"Sementara untuk permodalan, modal disetor minimal Rp25 miliar pada saat pendirian, jauh lebih tinggi dibandingkan aturan sebelumnya yang sebesar Rp2,5 miliar. Sedangkan sumber dana dilarang berasal dari kegiatan APU PPT dan pinjaman. Penyelenggara juga wajib menjaga ekuitas sebesar Rp12,5 miliar, dan peniadaan proses pendaftaran bagi calon Penyelenggara," ujarnya saat Media Briefing secara virtual di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Lebih lanjut katanya, POJK ini juga mengatur penguatan proses kelembagaan yang sebelumnya tidak diatur seperti peningkatan modal, peleburan dan penggabungan, dan kepailitan. Kemudian locked up period bagi penyelenggara untuk melakukan perubahan kepemilikan 3 tahun setelah memperoleh izin.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan