Dana 5,5 Miliar Dolar Disiapkan Amerika untuk Ukraina, Rinciannya Bukan Main!

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Washington - Amerika Serikat akan mengirimkan bantuan tambahan sebesar 5,5 miliar dolar AS ke Ukraina. Rinciannya terdiri atas 4,5 miliar dolar AS dalam bentuk dukungan anggaran dan 1 miliar dolar AS dalam bantuan militer, untuk membantunya mengatasi gejolak invasi Rusia tahun ini.

Hibah anggaran 4,5 miliar dolar AS akan mendanai kebutuhan mendesak pemerintah termasuk pembayaran pensiun, kesejahteraan sosial dan biaya perawatan kesehatan. Dengan begitu, total bantuan fiskal AS untuk Ukraina menjadi 8,5 miliar dolar AS sejak invasi Rusia pada Februari.

Hibah tersebut diatur oleh Departemen Keuangan AS dan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan dikelola melalui Bank Dunia, pertama kali dilaporkan oleh Reuters.

"Pendanaan tersebut, yang dikoordinasikan dengan Departemen Keuangan AS melalui Bank Dunia, akan disalurkan ke pemerintah Ukraina secara bertahap, dimulai dengan pencairan 3 miliar dolar AS pada Agustus," kata USAID.

Ini, kata USAID, mengikuti transfer sebelumnya sebesar 1,7 miliar dolar AS pada Juli dan 1,3 miliar dolar AS pada Juni. Washington juga telah memberikan miliaran dolar dalam dukungan militer dan keamanan.

Paket senjata senilai 1 miliar dolar AS yang diumumkan oleh Pentagon adalah paket militer tunggal terbesar di bawah otoritas penarikan Presiden Joe Biden, termasuk amunisi roket jarak jauh dan kendaraan transportasi medis lapis baja.

Sumber: suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan