Ada Apa Rusia? Aksi Ukraina Memukul Mundur Berjalan Sukses, Banyak Wilayah Diambil Alih

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Kiev, Ukraina - Ukraina pada Selasa (13/9/2022) mengatakan bahwa pihaknya bertujuan membebaskan semua wilayahnya setelah memukul mundur pasukan Rusia di timur laut negara itu dalam serangan cepat.

Pertempuran masih berkecamuk di wilayah timur laut Kharkiv, Wakil Menteri Pertahanan Hanna Malyar mengatakan kepada Reuters, mengatakan pasukan Ukraina membuat kemajuan yang baik karena mereka sangat termotivasi dan operasi mereka direncanakan dengan baik.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729625996-0'); }); "Tujuannya adalah untuk membebaskan wilayah Kharkiv dan sekitarnya --semua wilayah yang diduduki oleh Federasi Rusia," katanya di jalan menuju Balakliia, pusat pasokan militer penting yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina akhir pekan lalu yang terletak 74 km (46 mil) tenggara Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Dalam pidato video, Senin (12/9/2022) malam, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan Barat harus mempercepat pengiriman sistem senjata, menyerukan sekutu Ukraina untuk "memperkuat kerja sama untuk mengalahkan teror Rusia".

Sejak invasi Rusia 24 Februari, Washington dan sekutunya telah memberi Ukraina miliaran dolar senjata yang menurut Kyiv telah membantu membatasi keuntungan Moskow. Pasukan Rusia menguasai sekitar seperlima negara di selatan dan timur tetapi Ukraina sekarang melakukan ofensif di kedua wilayah.

Militer Ukraina tidak melaporkan kemajuan baru, mengatakan pasukan Rusia menembaki bagian-bagian wilayah Kharkiv yang direbut kembali oleh Ukraina dan menyerang lebih jauh ke selatan di wilayah Donetsk, yang coba direbut Moskow untuk proksi separatis.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan