Bentrokan Baru Pecah Lagi Usai Puluhan Pasukan Armenia dan Azerbaijan Tewas

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Tbilisi, Georgia - Bentrokan baru meletus antara Azerbaijan dan Armenia pada Rabu, sehari setelah hampir 100 tentara tewas dalam pertempuran paling mematikan antara bekas republik Soviet sejak 2020.

Sedikitnya 49 tentara Armenia dan 50 militer Azerbaijan tewas pada Selasa dalam bentrokan tersebut, dengan Yerevan dan Baku saling menyalahkan atas pertempuran yang memicu seruan untuk tenang dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729625996-0'); }); Bentrokan tersebut telah menimbulkan kekhawatiran akan konflik bersenjata besar lainnya di bekas Uni Soviet sementara militer Rusia terikat dengan invasi ke Ukraina.

Sebuah konflik penuh antara Armenia dan Azerbaijan akan berisiko menyeret kekuatan seperti Rusia dan Turki, dan mengacaukan koridor penting untuk pipa yang membawa minyak dan gas seperti konfrontasi atas Ukraina mengganggu pasokan energi.

Kementerian pertahanan Armenia pada Rabu (14/9/2022) menuduh Azerbaijan, yang didukung secara politik dan militer oleh Turki, menembakkan artileri, mortir dan senjata ringan dalam serangan baru.

"Situasi di perbatasan Armenia-Azerbaijan tetap tegang," tambahnya, menegaskan kembali posisi Armenia bahwa Azerbaijan melancarkan serangan di wilayah kedaulatannya.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan