Mahfud MD Minta Masyarakat Tenang, Pemerintah Sudah Kantongi Data Hacker Bjorka

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Menanggapi bocornya data sejumlah pejabat publik yang dilakukan oleh Hacker Bjorka, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD santai. Ia menyebut bahwa data yang diretas bukan data penting milik negara.

Oleh sebab itu, Mahfud meminta masyarakat untuk tetap tenang. Pasalnya, Hacker Bjorka atau peretas lainnya sama sekali tidak menyentuh arsip rahasia negara.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729625996-0'); }); "Kita akan serius menangani dan juga mulai menangani masalah ini. Tetapi juga publik atau masyarakat harus tenang, karena sebenarnya sampai detik ini itu belum ada rahasia negara yang bocor," kata Mahfud dalam konferensi persnya, Rabu (14/9/2022).

Mahfud menyebut peretasan yang terjadi saat ini tidak seberbahaya peretasan di zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia mengatakan bahwa kebocoran yang terjadi hanya sebatas data-data umum yang sifatnya terbuka dan bukan rahasia negara.

"Yang ini ndak ada ini cuma data-data umum yang sifatnya sebenarnya perihal surat ini, perihal surat itu. Isinya sampai detik ini belum ada yang dibobol," katanya.

Mahfud menyebut adanya hacker Bjorka merupakan pengingat bagi Indonesia terkait dengan pentingnya penguatan proteksi data siber. Ia menilai, Bjorka ingin memberi tahu bahwa masyarakat harus berhati-hati dalam menjaga data sibernya.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan