Militer Negara Terkuat: Habiskan Lebih 7,6 Miliar Dolar, Pakistan Masih Kalah Jauh dengan India

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Pakistan memiliki angkatan bersenjata terkuat kesembilan di dunia menurut peringkat terbaru yang dirilis oleh Global Firepower tahun 2022. Militernya memegang skor 0,1572 dari skala 0,0000 dianggap sempurna.

Bangsa Pakistan yang memiliki salah satu kekuatan militer terkuat di dunia, memainkan peran kunci dalam urusan Asia Selatan, selain India. Konflik dengan New Delhi sejak Islamabad mendeklarasikan kemerdekaan pada 1947 telah berulang kali terjadi.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729625996-0'); }); Pakistan memiliki total 1.640.000 personel militer, menurut Global Firepower tahun 2022. Rinciannya adalah sekitar 640.000 di antaranya bertugas aktif, sedangkan 500.000 adalah pasukan cadangan, sisanya merupakan paramiliter.

Ketegangan dengan India yang mungkin terjadi sewaktu-waktu menjadikan wilayah perbatasan adalah titik rentan. Sebab itu, sekitar 70 persen pasukan militer Pakistan dikerahkan di dekat perbatasan timur dengan India.

Lembaga militer Pakistan memberikan perhatian khusus kepada tetangganya, India, terkait mengelola perang proksi dan pejuang di Kashmir, Mumbai. Selain itu ada juga Afghanistan yang menjadi sorotan bagi militer yang dikaitkan dengan Taliban.

Sementara itu, Pakistan menghabiskan lebih dari 7,6 miliar dolar AS dari anggaran tahunan untuk pertahanan. Namun angka tersebut sangatlah kecil jika dibandingkan dengan India yang memiliki anggaran pertahanan mencapai 52,5 miliar dolar AS.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan