SBY dan Jokowi Bisa Maju Cawapres 2024, Pengamat Politik Sesalkan Pihak-pihak yang Dorong Jokowi

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menyebut bahwa presiden dua periode dapat mencalonkan diri kembali menjadi cawapres. Hal itu membuka peluang presiden yang pernah menjabat selama 2 periode di Indonesia, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi Widodo (Jokowi), untuk mencalonkan diri sebagai cawapres.

Meski begitu, pengamat politik Zaki Mubarak menilai bahwa yang saat ini paling mendapat banyak dorongan menjadi cawapres adalah Jokowi. Zaki menyayangkan jika Jokowi tergoda memperpanjang kekuasaannya.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729625996-0'); }); "Disesalkan juga saat ini muncul sejumlah politisi dan intelektual yang justru mendorong Pak Jokowi supaya maju lagi," ujar Zaki kepada GenPI.co, Selasa (13/9).

Jokowi dinilai hanya dalih yang dibuat-buat oleh segelintir penguasa. "Jadi, sebaiknya Pak Jokowi men-declair cukup sampai 2024 saja dan tidak akan memperpanjang jabatan atau maju sebagai cawapres," tuturnya.

Menurut akademisi dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu, hal tersebut perlu dilakukan demi menjaga integritas politik.

"Pernyataan tegas itu diperlukan sebab muncul kesan kuat bahwa istana justru ikut cawe-cawe," ungkapnya.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan