Bjorka Sudah Ketahuan? Mahfud MD Buka-bukaan: Pelakunya Sudah…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Setelah bikin heboh karena membocorkan data pribadi sejumlah tokoh di Indonesia, identitas asli hacker Bjorka telah mampu diidentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.

Hal itu sebagaimana keterangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. "Sampai sekarang ini, memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh Badan Intelijen Negara dan Polri. Namun, belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu," katanya.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729625996-0'); }); "Kami sudah punya alat untuk melacak itu semua," ujar Mahfud MD dalam konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (14/9).

Mahfud juga menegaskan bahwa data-data yang diretas dan dibocorkan Bjorka ke dunia maya bersifat umum. Dia menyatakan hal tersebut berdasarkan koordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G. Plate, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Menurut Mahfud, dugaan motif peretasan tidak membahayakan dan Bjorka tidak memiliki keahlian atau pun kemampuan membobol yang sungguh-sungguh.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729684060-0'); }); "Hasil dari kesimpulan kami, apa yang dilakukan Bjorka ini sebenarnya tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sungguh-sungguh," katanya. "Dia hanya hendak memberitahu harus hati-hati, (data) akan bisa dibobol, dan sebagainya," kata Mahfud.

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan