Gak Disangka, Gak Diduga! Putin dan Xi Bikin Kejutan buat Iran, Barat Jangan Remehkan

  • Bagikan
X

Duniagital.com, London - Iran diprediksi akan memperkuat aliansi blok keamanan dan ekonomi utama yang dipimpin oleh Rusia dan China. Itu adalah Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) yang dituju Teheran selama bertahun-tahun.

SCO akan melangsungkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di kota persimpangan Jalur Sutra bersejarah, Samarkand di Uzbekistan. Ini disebut-sebut memiliki cita-cita menjadi alternatif Eurasia untuk G7.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729625996-0'); }); “Hanya ada satu jalan keluar dari spiral masalah yang berbahaya di dunia yang saling terhubung di mana kita semua hidup hari ini –melalui dialog konstruktif dan kerja sama multilateral berdasarkan pertimbangan dan penghormatan terhadap kepentingan semua orang,” tulis Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev dalam sebuah artikel di depan puncak.

Presiden China Xi Jinping, dalam perjalanan luar negeri pertamanya sejak pecahnya pandemi Covid-19, berada di Kazakhstan pada Rabu (14/9/2022), menjelang pertemuan tatap muka dengan Presiden Rusia Vladmir Putin di KTT pada Kamis (15/9/2022), yang pertama sejak sebelumnya. perang Ukraina.

Penampilan Putin yang dijadwalkan datang setelah pasukannya menderita kerugian militer yang menghancurkan di timur laut Ukraina dan meningkatnya kritik publik di dalam negeri tentang biaya perang tujuh bulannya.

SCO, yang bertemu minggu ini untuk KTT kepemimpinan ke-22, telah berjuang untuk relevansi sejak pembentukannya lebih dari dua dekade lalu. Ini tidak memiliki mekanisme penegakan, dan perdagangan di dalam blok dapat diabaikan, dengan sebagian besar negara anggota masih bergantung pada Barat untuk perdagangan dan pengetahuan teknologi.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan