Awal Mula Cekcok dengan Demokrat, Sekjen PDIP Sebut SBY Sendiri yang Tolak Koalisi

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Menjelang Pilpres 2024, mulai muncul beragam sentimen dari berbagai partai. Contohnya adalah cekcok antara Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Mengenai hal tersebut, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan cerita berpeluangnya Partai Demokrat bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 2019. 

Cerita tersebut merupakan bagian dari tanggapannya terhadap pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang menyebut pemilihan umum (Pemilu) 2024 bisa berjalan tak jujur.

Pada 2019, Hasto sudah menyampaikan peluang tersebut kepada Agus Hermanto yang saat itu merupakan Wakil Ketua DPR dan politikus Fraksi Partai Demokrat. Agus pun disebut Hasto sudah menyampaikan hal tersebut kepada SBY.

"Saat itu Ibu Megawati mengatakan tidak berkeberatan kalau Demokrat mau bergabung selama itu menjadi keputusan Presiden Jokowi," ujar Hasto dalam konferensi pers daringnya, Minggu (18/9/2022).

SBY, jelas Hasto, kemudian melakukan lobi dengan Partai Gerindra dan bertemu dengan Jokowi. Namun entah kenapa, SBY tak segera mengambil keputusan dan justru berpidato bahwa ada salah satu ketua umum partai yang tak bersedia jika Partai Demokrat bergabung dengan koalisi pemerintahan.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan