Nelayan Jabar Bakal Terima BLT BBM Rp150 Ribu per Bulan, Cukup Kah?

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Bandung - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu secara bertahap selama 4 bulan untuk nelayan yang terdampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, sebelumnya BLT tersebut diputuskan sebesar Rp500 ribu. Namun, setelah diadakan musyawarah bersama nelayan menjadi Rp600 ribu. Penyaluran BLT tersebut merupakan bentuk perhatian Pemprov Jabar kepada nelayan yang terdampak kenaikan BBM.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729625996-0'); }); "Jadi satu bulan dikasih Rp150 ribu, untuk 4 bulan jadi sekitar Rp600 ribu per orang untuk nelayan," kata Uu usai Rapat Koordinasi Rencana Penyaluran Bantuan BBM Bagi Nelayan, di Gedung Sate Bandung, Selasa (20/9/2022).

Uu juga menyesalkan masih terjadinya BLT yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, pihaknya meminta validasi data agar penyaluran BLT kenaikan BBM dapat tepat sasaran. "Ada unsur keadilan sehingga jangan yang kaya dapat, yang harusnya dapat karena tidak terdata tidak dapat. Ada evaluasi kembali di daerah," tegasnya.

Selain akan menyalurkan BLT kenaikan BBM kepada nelayan, Pemdaprov Jabar juga, ungkap Wagub Uu, meminta pihak terkait untuk membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) di wilayah dermaga terdekat dengan nelayan. Hal itu dilakukan agar nelayan pada saat membeli BBM tidak mengeluarkan ongkos karena jauhnya SPBU dari dermaga.

"Di saat nelayan butuh solar tidak ngantre ke luar. Sekalipun diperbolehkan dengan kartu mereka membeli solar bersubsidi, tetapi meraka ngantre dan jauh dari dermaga sehingga dibutuhkan lagi transpor. Itu akan tambah sulit bagi nelayan," jelasnya.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan