Ada SBY dan Surya Paloh Menunggu, JK Akan Balik Dukung Anies Baswedan Dibanding Airlangga Hartarto?

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (SIGMA), Hendra Setyawan mengatakan Jusuf Kalla pasti akan mendukung Anies Baswedan dibandingkan dengan Airlangga Hartarto.

Hal tersebut menyusul dengan situasi politik dari Partai Golkar yang sangat dinamis dalam urusan Pilpres 2024. 

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1647729625996-0'); }); “Menurut saya JK condong ke Anies. Golkar sangat dinamis dalam urusan dukung mendukung Pilpres,” katanya.

Buktinya, di Pilpres 2004. Saat itu Golkar menjagokan Wiranto sebagai Capres melalui mekanisme konvensi lalu dipasangkan dengan Salahuddin Wahid. Sementara JK menjadi Cawapresnya SBY. Akhirnya, SBY-JK yang menang. “Saat ini pengaruh JK di Golkar juga sudah tidak besar,” ujarnya.

Menurutnya, kedekatan JK dengan Anies ini terlihat melalui dukungan di Pilkada DKI Jakarta 2017. Duet Anies-Sandi, mampu mengalahkan Ahok-Djarot dan AHY-Sylvi. Bisa jadi, ke depan JK kembali mendukung Anies di ajang Pilpres 2024.

Masalahnya, kata Hendra, Anies bukanlah kader parpol. Perlu menyatukan banyak pimpinan partai untuk memberika tiket kepada Anies. Melihat situasi politik nasional terkini, Anies berpeluang maju dengan dukugan Demokrat, NasDem, dan PKS.

Sumber: rm.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan