Megawati Minta Nomor Urut Partai dalam Pilpres 2024 Sama Seperti 2019, Sufmi Dasco: KPU lah yang Tentukan!

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sebelumnya mengatakan dirinya pernah mengusulkan kepada KPU, agar nomor partai politik peserta pemilu 2019, tak diubah untuk Pemilu 2024 dan berikutnya. 

Megawati mengatakan hal itu ia sampaikan kepada komisioner KPU di pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan-RB beberapa waktu lalu.

“Jadi dari pihak PDI Perjuangan, kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali, karena ini mengikat dengan masalah perundangan, tapi pengalaman dua kali pemilu, sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomer itu, sebenarnya saya katakan kepada bapak presiden dan ketua KPU dan Bawaslu, bahwa itu terlalu menjadi beban bagi partai. Kan secara teknis, itu kan harus ganti lagi dengan bendera atau alat peraga yang begitu banyak,” kata Megawati, Jumat (17/9/2022).

Menanggapi usulan Megawati,  Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sufmi Dasco mengatakan terkait hal teknis tersebut menurut Dasco akan diatur KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Saya pikir kan soal pemilu aturan apa namanya mengenai teknis pemilu itu kan nanti akan diatur sendiri oleh KPU," kata Dasco dalam keterangan video yang diterima Republika.co.id, Selasa (20/9/2022).

Menurutnya KPU memiliki pertimbangan apakah tetap menggunakan nomor urut lama atau mengubah dengan nomor urut baru. Apalagi ada banyak parpol baru yang mendaftar jadi peserta pemilu 2024.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan