Nasdem Perlu Kunci PKS dan Demokrat untuk Usung Anies di Pilpres 2024

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr Ahmad Atang, mengatakan jika melihat pergerakan partai-partai menjelang Pilpres 2024, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) harus segera mengunci koalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Apalagi jika hal itu terkait wacana ketiga partai politik (parpol) itu mengusung Anies Rasyid Baswedan atau Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

Dinamika menuju Pilpres 2022, kata Ahmad, masih terus bergerak dan komunikasi politik antar partai intens dilakukan. Sehingga Nasdem pada titik ini harus mengunci PKS dan Demokrat dalam satu baris sebelum ditarik oleh koalisi yang lain.

"Jika Partai Nasdem tidak bisa mengunci PKS dan Demokrat dalam satu ikatan koalisi, maka partai Nasdem bisa kehilangan momentum," kata Ahmad terkait peluang koalisi Nasdem dengan Demokrat dan PKS untuk menghadapi Pemilu Serentak 2024 di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu, (21/9/2022).

Menurut Ahmad, jika dilihat dari pengelompokan partai yang akan berkoalisi untuk mengusung pasangan calon presiden pada pilpres 2024 mendatang, maka terlihat PDIP dapat mengusung pasangan calon sendiri tanpa koalisi karena telah memenuhi syarat 20 persen. 

Sementara Partai Golkar, PAN, dan PPP telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan